Senin, 13 Juni 2016

ADAKAH MANFAAT ZIARAH KUBUR..?


 ADAKAH MANFAAT ZIARAH KUBUR?


Disebutkan dalam riwayat Muslim, menziarahi kubur menjadikan orang mengingat akan kematian. Dan mengingat mati melahirkan sikap terpuji.



Ad-Daqqah berkata “ Barang siapa banyak mengingat mati, niscaya dimuliakan dengan tiga perkara : segera bertaubat, diberi hati yang qana’ah ( merima pemberian Allah ) dan bersemangat dalam ibadah. Sedang orang yang lupa mengingat mati akan diganjar dengan tiga perkara : menunda-nunda taubat ,slalu i menghancurkan kenikmatan para penikmatnya. Karena itu, carilah (kenikmatan ) hidup yang tidak ada kematian di dalamnya.”


Nabi Muhammad S.A.W bersabda:

“ziarah kubur akan membuat ingat kepada kematian, ziarah kubur akan membuat  ingat akhirat’’ (Ibnu Majah 569 ).

Ketika kamu berziarah di kuburan ucapkan “ Assalammualaikum yaa ahlal muqobir “.

Ziarah kubur merupakan perkara yang disyariatkan dalam agama kita dengan tujuan agar orang yangmelakukan dapat mengambil pelajaran denganya dan dapat mengingat akhirat . Syaratnya adalah dengan tidak mengatkan disisi kuburan terebut ucapan- ucapan yang bisa membuat Allah SWT murka. Seperti berdoa kepada si  ” penguni “ kuburan, memohon   pertolong kepadanya, memberi tazkiyah (jaminan) kepada penghuni kuburan,dan memastikan dia masuk surga atau sejenisnya.menghadiri majelis ulamadan ilmu akan mengingatkamu kepada kematian dan kubur.dari ubaybin ka’bab dan abu hurairah berkata : “ nabi S.W.A bersabda , “ siapa saja yang menempu jalan untuk mencari ilmu, Allah S.W.T akan mempermudah jalan baginya kesurga, kapan pun orang berkunpul disuatu rumah untuk mbelajar atau menimbah ilmu, malikat akan mengelilngi mereka dan akan tinggal bersama mereka..?”( HR.Muslim 2699)

Pada awalnya, ziarah telah dilarang oleh Rasullulah dikarekan pada zaman jahiliyah masyarkat telah menyalah artikan makna dari ziarah kubur. Namun seiring berkembanganya islam, keimanan para sahabat  nabi dan kaum muslim lainya telah mulai kuat maka dari itu, Rasullah akhinya memboleghkan untuk berziarah kubur dengan syarat untuk mengingat pada mati. Hal ini di dasarkan pada sabda nabi S.A.W :

“ dulu aku pernah melarang klian untuk erziarah kubur, sekarang berziarahlah kalian.karna ziarah kubur akan mengingatkan kepada akhirat. Dan hendaklah berziarah itu menambah kebaikan buat kalian. Maka barangsiapa yang ingin berziarah silahkan berziarah dan jangan lah klian mengatkan perkataan yang bathil ( hujran )”. ( HR.Muslim,Abu Daud,Al baihaqi,An Nasa’i, Ahmad ).

Dalam berziarah kubur, meluruskan niat adalah syarat utama demi kelurusan imannya bahwa hakikat ziarah kubur adalah untuk mengingat kematian dan selanjutnya akan menjadi merasa takut keapda allah atas setiap aoa yang dilakukan. Setiap tindakan dan perbuatan umat muslim hendaknya dilakukan dengan penuh aturan dan kesopanan yang berlaku. Demikian pulah dengan hal berziarah kubur, adap kesopanan pun dittuntut untuk menghormati yang telah dikuburkan

Ziarah kubur memilki dua tujuan , yaitu :

Pertama, penziarah mengambil manfaat dengan mengingat mati dan orang yang n mati.dan tempat meraka surga atau neraka.

Kedua, simayit mendapat kebaikan dengan perbuatan baik dan salam untuknya serta mendapat doa permohonan ampunan.dan ini khusus untuk mayit yang muslim.

Ziarah kubur memiliki banyak hikmah dan manfaat,diantara yang terpenting adalah:

Pertama: ia akan mengingatkan akhirat dan kematian sehingga dapat memberikan pelajaran dan hibrah bagi orang yang berziarah.dan itu semua tentu akan memberikan dampak positif dalam kehidupan mewariskan sikap zuhud terhadap dunia dan materi.

Kedua: mendoakan keselamatan bagi orang-orang yang telah meninggal dunia dan memohon ampunan untuk mereka

Ketiga: termasuk mengamalkan dan menghidupkan sunnah yang telah diajarkan oleh Rasulullah dan para sahabatnya

Keempat: untuk mendapatkan pahala dan balasan kebaikan dari Allah dengan ziarah kubur yang di lakukan.

 SUNNAH- SUNNAH DALAM BERZIARAH KUBUR

agar manfaat dan hikmah yang telah tersebut di atas bisa diperoleh dengan sempurna maka seseorang yang akan melakukanziarah kubur harus mengetahui sunnah dan tata cara ng berziarah yang benar sesuai tuntuna syari’at. Dianatar petunjuk Nabi S.A.W dalam berzaiarah kubur  adalah sebagai berikut :
 

Ziarah kubur dapat dilakukan kapan saja, tidak harus mengkhususkan hari atau waktu terrtentu karena salah satu inti dari ziarah kubur adalah agar dapat memberi pelajran dan peringatan agar hati yang keras menjadi lunak, tersentuh hingga menitikan air mata, selain itu agar kita meyampaikan doa dan salam untuk mereka yang mendahulukan kita memasuki alam kubur.

Dianjurkan kertks pergi ziarah kubur Hadir di benak kita rasa takut kepada Allah, merasa di awasi olehnya dan hanya bertujan mencari keridhannya semata.

Disunnahkan kepada penziarah kubur untuk menyampaikan salam kepada ahli kubur, mendoakan mereka agar mendapat rahmat, ampunan dan afiyah ( kekuatan ). Diantara doa yang dianjurkan untuk dibaca adalah : keselamatan semoga berlimpah kepada para penghuni ( kubur ) dari kalangan orang-orang yang telah mendahului semoga Allah merahmati orang-orang yang telah mendahului ( meninggal ) diantara kami dan yang di belakang, insyAllah kami semua akan menyusul (anda) (lafaz ini didasar riwayat Imam Muslim ).
Wallahu 'alam.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar