Sabtu, 20 Agustus 2016

MANFAAT MENUTUP AURAT DITINJAU DARI SEGI MEDIS

MANFAAT MENUTUP AURAT DITINJAU DARI SEGI MEDIS


 
Assalamu’alaikum ukhty…. :D

Apa kabar? Sehatkah?... Kalau kabar muna sehat kok…. ( nggak ada yang nanya! ) hahahha... Kali ini muna punya yang special buat para ukhty-ukhty semua… baik untuk ukhty yang belum menutup aurat secara benar maupun yang sudah, dan ini akan menjadi kabar gembira…( cem betul aja). Ok, langsung saja, ini dia…



MANFAAT MENUTUP AURAT DITINJAU DARI SEGI MEDIS

Perempuan merupakan makhluk yang indah, yang seluruh tubuhnya merupakan perhiasan yang mampu menggoda setiap pandangan mata laki-laki. Namun, ia juga merupakan manusia yang sangat dimuliakan dalam Islam.
Karena kemuliaan perempuan itulah, maka Islam sangat menjaga kehormatan perempuan dengan beberapa perintah-perintah dalam Al-Qur’an maupun hadits. Salah satunya adalah perintah meutup aurat. Dalil tentang memakai pakaian yang menutup aurat antara lain yaitu :

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُل لِّأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاء الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَن يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُوراً رَّحِيماً

Artinya : “Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu'min: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S. Al-Ahzab [33]: 59)
    
Kemudian, beberapa aturan tentang pakaian yang menutup aurat yaitu :
1.    Menutupi seluruh tubuh.
2.    Bukan merupakan pakaian yang tipis sehingga warna kulit dan lekuk tubuhnya tampak
3.    Bukan pula pakaian yang menyerupai laki-laki (seperti celana panjang)
4.    Tidak memakai wangia-wangian pada pakaian yang sampai menyebarkan bau harum lalu menarik perhatian laki-laki.
5.    Model dan cara pemakaian pakaian haruslah sederhana dan tidak mencolok, baik dari segi warna maupun bentuk dan coraknya sehingga tidak menarik perhatian laki-laki.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dan diketahui oleh para muslimah, agar menutup auratnya tidak keliru dan tidak salah. Tapi, mungkin masih banyak muslimah yang tidak mau menutup aurat secara sempurna dan bahkan tak menutup auratnya sama sekali, dikarenakan hal-hal yang ringan, misalnya karena pakaian menutup aurat itu “nggak banget”, “jadul”, “kekunoan”, “membatasi ruang gerak”, “nggak tahan, bikin panas…”, “susah dapat kerjaan”, dan lain sebagainya.

Tahukah para muslimah, bahwa Allah swt. sangat sayang kepada kita, karena atas perintah-Nya ini, ternyata kita bisa jadi lebih cantik, sehat, dan hemat, nggak percaya? Ini dia manfaat menutup aurat ditinjau dari segi medis :

1.    Kulit Menjadi Lebih Putih
Kulit yang terbuka dan tidak tertutupi oleh kain akan terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini akan meningkatkan produksi melanin pada kulit oleh sel pigmen (melanosit). Melanin inilah yang bertanggung jawab terhadap warna kulit. Semakin sering terkena sianr matahari, semakin banyak melanin yang diproduksi sehingga kulitpun semakin berwarna gelap. Ok! Jelas sudahkan ukhty?... kalau memakai pakaian yang meutup aurat dapat membuat kulit lebih putih. Bagi ukhty yang nggak putih warna kulitnya, insyaallah jadi agak putih, yang sudah putih kulitnya jadi makin putih. (buat yg kulitnya nggak putih, don’t worry, Allah swt tidak melihat rupa dan harta, melainkan hati dan amal seseorang)

2.    Terlindung dari Sinar Ultraviolet yang Membahayakan
Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet, yaitu sinar ultraviolet A (UV.A) yang pendek dan ultraviolet B (UV.B) yang panjang. Sinar ultraviolet ini akan merusak epidermis dan lapisan kulit bagian dalam yang menyebabkan kekeringan pada kelenjar lemak (glandula sebasea) sehingga kulit menjadi kering dan kasar. Secara umum, ada empat kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet, yaitu :

a.    Efek akut, luka bakar sinar matahari (sunburn) atau keracunan obat yang diinduksi sinar matahari (drug induced photoxicity).
b.    Terjadi perubahan kimia kulit yang mengakibatkan kulit cepat keriput, umur kulit memendek, dan penipisan kulit ynag tidak teratur.
c.    Menginduksi tumbuhnya prekanker dan kanker kulit.
d.    Sistem kekebalan tubuh dapat rusak dan menyebabkan penurunan respons terhadap penyakit.

3.    Menjaga Kesehatan Rambut
Rambut yang terkena sinar matahari secara langsung akan berubah menjadi rapuh, kering, pecah-pecah, dan kemerah-merahan. Sedangkan, jika terkena angin, rambut akan mudah kusut, kasar dan lusuh. Dalam rambut dan kulit kepala, terdapat lemak dan minyak yang tidak jenuh, apabila berinteraksi dengan oksigen ditambah radiasi sinar matahari, akan menimbulkan bau yang tidak sedap (apek).

4.    Mengurangi Biaya Perawatan Rambut dan Kulit.
Saat ini banyak sekali produk-produk yang ditawarkan untuk perawatan kulit ddan rambut agar tetap sehat dan indah. Harganyapun bervariasi, mulai dari yang murah hingga yang mahal. Semua itu ditujukan untuk merawat kulit dan rambut yang setiap hari terkena sinar matahari. Jika saja semua muslimah patuh atas perintah Allah swt. dan Rasul-Nya, sebenarnya tidak diperlukan biaya yang besar untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut sebab apa yang diperintahkan Allah swt dan Rasul-Nya sudah mencukupi.
    
Nah… Dari semua ulasan tentang manfaat menutup aurat ditinjau segi medis tadi, Muna nggak bohongkan?.... kalau menutup aurat itu bikin muslimah jadi lebih cantik, sehat dan hemat pastinya…hahhha :D
  
Jadi, untuk ukhty semuanya, jangan ragu nutup auratnya, ya?... karena manfaatnya nggak cuma di akhirat (berupa pahala) namun juga bermanfaat di dunia (jadi makin cantik dan sehat), ok?....
    
Wah, habis sudah pembahasan dari judul hari ini, mudah-mudahan bermanfaat, dan karena tak ada sesuatupun yang sempurna, begitupun dengan tulisan ini, kiranya Muna mohon maaf kepada para pembaca semua kalau ada salah tulis dan sebagainya…. Oiya, jangan sungkan untuk memberi komentarnya, ok?... Muna undur diri… Jumpa lagi di tulisan berikutnya….

Wassalaamu’alaikum...

Buku Rujukan : “Pintar Rahasia Ibadah Mengungkap Makna dan Rahasia Ilmiah dibalik Perintah Ibadah dan Sunnah Rasul”, karangan Akhsan Muhammad Suga, diterbitkan di Jakarta oleh Best Media Utama, cetakan I, Maret 2011.




2 komentar:

  1. Terima kasih kembali... 😄😄😄 senang bisa berbagi informasi bermanfaat kepada saudari... Dan terima kasih karena telah berkunjung ke blog kami....

    BalasHapus
  2. Admin..mampir dong ke blog aku heheee😁

    BalasHapus